Image of Pemikiran dasar pola pikir dasar untuk penguatan pembangunan kesehatan tahun 2000 sampai tahun 2045

Text

Pemikiran dasar pola pikir dasar untuk penguatan pembangunan kesehatan tahun 2000 sampai tahun 2045



Pembangunan kesehatan adalah upaya yang dilaksanakan oleh semua komponen Bangsa Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat setinggi-tingginya, sebagai investasi bagi pembangunan sumber daya manusia yang produktif secara sosial dan ekonomi.

Pemikiran dasar pembangunan kesehatan pada hakikatnya adalah pemikiran yang mendasar, yaitu pemikiran yang mendalam, luas, dan berjangkau ke depan tentang fondasi pembangunan kesehatan. Dalam pengertian yang umum dapat pula diartikan pemikiran dasar tersebut sebagai pola pikir atau mindset yang mendasar tentang pembangunan kesehatan, pembangunan kesehatan perlu melandaskan pada pemikiran dasar pembangunan kesehatan. Penggunaan pemikiran dasar pembangunan kesehatan sampai dewasa ini sudah banyak dikemukakan antara lain dalam beberapa buku yang telah kami terbitkan.

Dari analisa dan proyeksi tahun 2000-2045 pembangunan kesehatan tampak pembangunan kesehatan semakin kompleks, cepat berubah, dan sering kurang menentu. Dalam konteks ini untuk meningkatkan akselerasi, pemerataan, dan mutu pembangunan kesehatan. Pembangunan kesehatan perlu melandaskan pada pemikiran dasar pembangunan kesehatan. Dewasa ini sudah saatnya pemerintah dan masyarakat mempersiapkan penyusunan RPJPN Tahun 2025-2045 bidang kesehatan.

Dalam reformasi sektor kesehatan dewasa ini, transformasi kelembagaannya perlu sebagai organisasi yang belajar. Untuk ini komponen desain dan kepemimpinan sangat penting. Untuk mencapai hal ini perlu memiliki lima disiplin ilmu, yaitu 1) Memperluas kapasitas staf-stafnya, 2) Stafnya mempunyai nilai mental yang baik, 3) Mempunyai visi ke depan bersama, 4) Menyatukan dan mengembangkan kapasitas tim untuk menciptakan yang diinginkan bersama, serta 5) Menggunakan pendekatan sistem yang mensinergikan unsur-unsur yang berkaitan.

Prospek penggunaan pemikiran dasar pembangunan kesehatan ini terutama penting dalam: 1. Paradigma pemikiran dasar pembangunan dasar pembangunan kesehatan, 2. Penguatan upaya kesehatan masyarakat dan pemberdayaan masyarakat, 3. Pembangunan kesehatan dengan menguatkan Sistem Kesehatan Nasional, 4. Penguatan Riset dan Inovasi bidang kesehatan.


Ketersediaan

202100010LIBTBD HAB 362.12 pMy LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
TBD HAB 362.12 p
Penerbit UGM PRESS : Yogyakarta.,
Deskripsi Fisik
178 hlm; 15,5x23cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9786023869558
Klasifikasi
362.12
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
cet. 1
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this